Pawai Obor

Banyak cara merayakan pergantian tahun. Pergantian tahun Hijriyah di Jambi biasanya diisi dengan do’a bersama dan dilanjutkan dengan pawai obor.

Saya tidak terlalu mengerti makna dari pawai obor yang dilakukan. Namun, telah dua kali saya ikut serta dalam pawai obor yang diselenggarakan sekolah anak saya.

Tahun baru kali ini, dua gadis saya ikut pawai obor. Farah, si sulung sudah sejak siang sepulang sekolah membawa sebatang bambu yang sudah diisi minya tanah dan diberi sumbu. Bersemangat sekali nampaknya dan tak sabar menunggu maghrib.

Si tengah, Lulu, tak mau ketinggalan. Sore sepulang sekolah juga sudah bersiap dengan bambunya. Si bungsu akhirnya ikut tak sabar mendengar celotehan kakak-kakaknya.

Ba’da Magrib kami berangkat. Dan seperti yang saya duga, kami terjebak kemacetan akibat tumpah ruah masyarakat terutama peserta dan pengantar pawai obor.

Namanya anak-anak, mereka tetap antusias mengikuti acara itu. Sementara si kakak sudah bergabung dengan teman-teman kelasnya, si tengah memaksa saya ikut dalam barisan menyertainya. Akhirnya, saya mengikuti hiruk pikuk pawai obor beserta anak-anak SD yang menikmati keramaian itu.

Tidak nampak lelah di wajah anak-anak. Hanya tawa dan kegembiraan yang silih berganti.Senyum mengembang di wajah para orang tua yang mengantar sambil memotret kegiatan itu.

Saya tidak berani melihat wajah-wajah pengguna jalan yang hanya bisa mengalah berbagi jalan dengan anak-anak SD itu. Sehingga saya tidak bisa menggambarkannya disini. Hehehe

Semoga dengan bergantinya tahun, bertambah keimanan kita, Nak. Aamiin

 

Tentang Irna

Perjalanan hidup membawa kita pada pengalaman-pengalaman yang memperkaya diri kita. Perjalanan hidup di masa depan adalah sebuah misteri. Akan kemana kita dibawanya pada masa itu. Kita bisa merencanakan. Tetapi hanya Allah SWT yang mengetahui.
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s