Seandainya Sungai di Indonesia…..

Ternyata di Jambi ada ‘Ancol’. Kawasan Ancol Jambi ini sebenarnya adalah kawasan wisata di pinggir sungai Batanghari. Tepatnya di kelurahan Kasang, di depan rumah dinas gubernur Jambi. Tidak ada yang istimewa di sana. Tidak seistimewa sungai Musi (Palembang) yang sebagian wajahnya telah disulap sangat cantik dengan latar belakang jembatan Amperanya. Indah terutama pada malam hari. Atau sungai Mas (Surabaya), yang di beberapa titik dijadikan taman bermain.
Seandainya sungai-sungai di Indonesia dikelola dan dijaga dengan baik. Tidak ada pencemaran akibat penambangan emas yang menggunakan merkuri. Tidak ada bangunan liar di sepanjang sungai. Tidak ada pabrik yang membuang limbah seenaknya. Tidak ada sampah yang menutupi alirannya.
Seandainya pemerintah, masyarakat dan kita bertanggung jawab menjaganya.
Saya yakin sungai-sungai itu akan membawa manfaat lebih pada kehidupan. Jika saja airnya tidak tercemar sehingga bisa dengan aman digunakan sebagai sumber air bersih. Jika saja alirannya lancar sehingga tidak menyebabkan banjir.

Ayo kita mulai peduli….

Tentang Irna

Perjalanan hidup membawa kita pada pengalaman-pengalaman yang memperkaya diri kita. Perjalanan hidup di masa depan adalah sebuah misteri. Akan kemana kita dibawanya pada masa itu. Kita bisa merencanakan. Tetapi hanya Allah SWT yang mengetahui.
Pos ini dipublikasikan di Lingkungan dan tag , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Seandainya Sungai di Indonesia…..

  1. Kang Nur berkata:

    Ancol juga ada di Yogya, yaitu di perbatasan Kec. Seyegan-Tempel Kab. Sleman dg Kec. Ngluwar Kab. Magelang. Dusun Bligo-Ancol. Tempat ini adalah hulu dari Selokan Mataram yg dibangun oelh Sultan HB IX pada jaman pendudukan Jepang. Kawasan ini cukup indah sehingga sering menjadi tujuan wisata bbrp remaja lokal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s