Kota itu Bernama Kuala Tungkal

Kota itu bernama Kuala Tungkal. Sebuah kota kecil eksotik yang berada di sebelah utara Kota Jambi. Untuk mencapai ibukota Kabupaten Tanjung Jabung Barat ini dibutuhkan waktu sekitar dua setengah jam dari Kota Jambi dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Kotanya begitu tenang dan suasananya menurut saya sungguh menyentuh. Sebagian besar rumah di kota ini dibangun seperti rumah panggung karena memang Kuala Tungkal merupakan daerah berawa-rawa. Selain rumah panggung, di kota ini juga banyak didirikan rumah bertingkat (empat atau lima) yang digunakan untuk sarang burung walet. Entah berapa rupiah yang harus dikeluarkan untuk membangun rumah-rumah walet tersebut.
Obyek wisata yang bisa kita nikmati di kota ini antara lain, ‘pelabuhan’ Kuala Tungkal, pasar tradisional di pinggir sungai (yang dekat dengan lautnya) dan pusat perbelanjaan barang seken (second).
Di Pelabuhan, anda akan disuguhi suasana alam yang masih asli. Pelabuhannya begitu sederhana. Jalan setapak menuju kapal boat masih menggunakan kayu dan dibangun seperti panggung. Namun demikian banyak pelancong yang memanfaatkan pelabuhan ini untuk pergi menuju pulau Batam bahkan ke negara tetangga, Singapura. Pemandangan pagi dan sore saat sunset dan sunrise sungguh eksotik. Jika air surut, kita dapat melihat binatang-binatang laut seperti kepiting dan ‘ikan’ muncul dari lumpur yang mengelilingi pelabuhan itu.
Pasar tradisionalnya menyuguhkan suasana yang lain. Ikan segar yang dibawa oleh kapal-kapal, setiap pagi dibongkar tak jauh dari pasar yang lagi-lagi dibangun di atas panggung. Udang, kerang, kepiting, dan ikan beraneka ragam akan memuaskan anda yang hobi pada makanan laut.
Selain pasar tradisional, di sepanjang jalan menuju pasar berderet toko-toko yang menjual barang seken. Walaupun belum pernah menemukan sesuatu untuk dibeli, saya sungguh menikmati perjalanan saya keluar masuk toko untuk sekedar melihat-lihat atau mengantar teman berbelanja.
Untuk menjelajahi tiga tempat itu dan merasakan suasana asyik Kota Kuala Tungkal, anda bisa menggunakan becak ‘sepeda’ khas kota Kuala Tungkal dan beberapa kota di Sumatera.

About these ads

Tentang Irna

Perjalanan hidup membawa kita pada pengalaman-pengalaman yang memperkaya diri kita. Perjalanan hidup di masa depan adalah sebuah misteri. Akan kemana kita dibawanya pada masa itu. Kita bisa merencanakan. Tetapi hanya Allah SWT yang mengetahui.
Tulisan ini dipublikasikan di Jambi. Tandai permalink.

103 Balasan ke Kota itu Bernama Kuala Tungkal

  1. Kang Nur berkata:

    cerita/deskripsi yg bagus. saya suka bila lebih banyak lagi blogger2 Indonesia yg mau menceritakan kota2/wilayah2/daerah2 di Indonesia, shg qta sbg saudara sebangsa-senegara benar2 dapat saling mengenal satu sama lain. ..tapi tentunya akan lebih lengkap dan gamblang serta berkesan bila disertakan foto2nya. :)

  2. mario berkata:

    wah datang ke tungkal ya!
    jangan lupa makan kerang ama kepiting^^

  3. Ghufron berkata:

    Wow, saya 1 tahun dinas disana :D

  4. awik berkata:

    orang rumahku ada d kuala tungkal
    dsana asik,,pertama ksana jadi pengen terus kesana,,

  5. pamanzon.com berkata:

    Ikutan dong Mbak Irna, Enak banget bisa refresing ke KUALA TUNGKAL buat ngilangin stress 1minggu kerja, Saya belum pernah ke situ,

  6. fariz ammar berkata:

    emang asyik itu tungkal..’
    mo info selengkapnya ..
    kirim aja ke lamp_ard_1919@yahoo.co.id

  7. ricky berkata:

    sya tinggal lama di kota itu, setelah sekian lma meninggal kan nya sya jadi kangen lagi untuk sekedar jalan2 kesana cuma blm ada kesempatan, mudah2-an dlm wktu dekat

  8. joey_pataray berkata:

    saya lahir di riau daerah indra giri hilir, sejak lama saya ingin pergi ketungkal namjun sampai saat sekarang ini belum tercapai, dikarnakan saya tinggal di dumai, jadi saya tidak ada kesempatan untuk kesana…………

  9. azmisaad berkata:

    saudara bapaku masih berada disana. Mahu tahu samada feri Kuala Tungkal – Johor Bharu sudah beroperasi? aku ingin sekali melawat mereka disana. aku dari kuala lumpur.

  10. dadang sulistyo berkata:

    menurut saya kota ini merupakan kota yang amat indah meski pun saya pergi meninggalkannya tapi saya tetap mencintai kota ini kota yang telah membesarkan saya, saya berjanji akan kembali kesana ketika saya sudah memiliki ilmu yang cukup untuk membangun kota saya menjadi maju

  11. dadang sulistyo berkata:

    saya berharap kepada anak-anak tungkal yang pergi melancong untuk belajar di jawa supaya bisa pulang ketungkal untuk membangun kota kita yang tercinta ini, bila ingat kota kuala-tungkal rasanya saya ingin pulang tapi saya harus banyak belajar disini untuk menuntut ilmu sebanyak-banyaknya oke guys yang ada dikuala tungkal salam kangen dari gue yang merasa begitu memiliki kota kuala tungkal nan indah dan tercinta.mari kita jaga bersama kota kita yang tercinta yaitu kuala tungkal

  12. miftahul berkata:

    selamat sore kuala tungka….
    aku sangat kangen sama negeriku yang kaya kerang ma kepiting……aku minta tolong sp ja yang tau alamatnya media kuala tungkal or tanjabbarat kirimkan ke miftah_sanzai@yahoo.co.id
    coz jelek2 begini aku asli tungkal cma skrg ku lg study di kota yang dingin di jawa timur teptnya di malang.
    bales commentku yachhhh…

  13. muhammad amirullah berkata:

    tungkal kota yang sangat eksotik,,,tapi sayang,,setalah hujan kadang-kadang bau pabrik ikan seberang.

  14. jauhari al habsy berkata:

    I LoV3 TUngkal City

  15. artha berkata:

    yeah.
    i spent my childhood in kuala tungkal.
    that small city is so unique..

  16. ade sumarna berkata:

    saya orang asli kuala tungkal,bagi anda penggemar kuliner datang aja ke tungkal disana ada kerang dan siput……………….
    dijamin enak………………..

  17. M. ali irwan bhay berkata:

    aku pernah 14 tahun di kuala tungkal..jadi aku kangen banget..
    aku pernah punya cinta pertama disana..waktu itu kelas 5 sd..namanya Nuryaningsih tahun 1995..kayaknya kepengen jumpa ada yang bisa bantu nggak?..Kuala Tungkal Kota kenangan ku..

  18. shane O'Brien berkata:

    Hi everyone.

    I need some information on ferry timetables from Kuala Tungkal to Batam. Can someone help me with times and the days it runs? How long does it take and how much is it? Do you have to book through a Jambi travel agent? I wanted to get the boat rather than fly.

    Thank you :)

  19. febri berkata:

    masa kecil aq sebagian besar di habiskan di sini…sekarang semenjak udah selesai kuliah & kerja jd aq mesti ninggalin kampung halamanqu..hiks ='(
    yg aq kangenin dr kuala tungkal itu makanan lautnya..melimpah..
    pokoknya orang yg baru sekali dtg kesana & minum air disana konon bakal buat dia kembali lagi kesana… :)

  20. RECKY berkata:

    WUZ TOENK_CALL itu kota kite bersame,…di kota inilah aku di besarkan,..luph u tungkal,..forever,..

  21. leni wirana berkata:

    kota nya keren banget..

    aq lahir disana….
    skrng dah bnyk objek wisatanya lho

    palagi makanan sea foodnya
    mantap bgt….
    kunjungi kota Q tercinta y

  22. joel berkata:

    kl aq skrg lg tnggl di kuala tungkal, sdh 9 bln belakngan..
    kota kecil yg ckp damai, utamanya krn bgt bnyk kekayaan laut yg bs dinikmati di sini..
    udang, kerang, ikan2 laut yg msh segar bgt mdh di dapat..
    problem terbesarnya ketersediaan air bersihnya..
    air hujan adlh air plg brsh di sini, ga heran tiap rmh pny lbh dr 1 tmpt pnyimpanan air ukuran bsr (tedmond)..
    ya tuntutan tgs mmg mbawa kt pd petualangan, sbuah pnglman baru..

  23. iswahyudi berkata:

    Kuala Tungkal is my life
    disana cinta paertamaku bersemi
    hingga kini masih terus bersemi
    sekarang aku dah jadi urang tambilahan
    kahinak leh ulun bulik ka Kuala Tungkal
    mo cari Pulut Aju……………..n…….Laksa
    bagi yang belum pernah wisata kuliner ke Kuala tungkal, cobain deh………….prinsipnya
    ” kalo belom pernah pasti penasaran, kalo udah pernah pasti ketagihan”
    murah meriah lho

  24. Sayuti berkata:

    Kalau bisa sungainya dijernihin do…..ooonk..??? pasti lebih indah.., he…5x

  25. Fila berkata:

    Apa cuma aku yg punya persepsi yg sedikit berbeda tentang Tungkal yg katanya eksotis? Mungkin letak ke-eksotisannya terdapat pada suku bajau yg jarang di expose, suku yg kian terpinggirkan oleh para pendatang. Tungkal tidak punya budaya asli. Karna seluruh penduduknya adalah pendatang. Bahkan suku melayu yg merupakan suku yg mendominasi di Kuala Tungkal bukanlah suku asli dari kota kecil ini. Dari kacamata pribadiku, Tungkal adalah kota yg penuh dg sembilu. At least, Tungkal memang unik, bahkan sangking uniknya Tungkal memiliki Tempat Wisata Ancol Beach yg sering diplesetkan oleh anak remaja menjadi Ancol Becek. Ha ha! Kalo cuma pelabuhan, pasar PJ dan Pasar Tradisional sh d bnyak tmpat d Indonesia aku rasa lebih mempesona dibandingkan Tungkal.

  26. M.RFAI berkata:

    saya jg lahir disana tp skrng ku menetap di jawa…..boleh lah tungkal dibilang eksotis tapi keramah tamahan masyarakatnya yg kurang …bangun tungkal…..!!!!!!!! harus sesuai dengan julukan koa ”KOTA BERSAMA”

  27. M.RFAI berkata:

    HAI GENERASI MUDA ………………….!!!!!!!!! KRITIK DAN AWASI JALANNYA PEMERINTAHAN ,,,BIAR TUNKAL LEBIH MAJU

  28. Afdhal berkata:

    wah kota yang penuh kenangan… ketam, ubur-ubur, dan kuliner kerang rebus tak bisa dilupakan.aku juga lama tinggal di kota ini tepatnya di jln nelayan apa masih ada jln ini…, sklh di sdn 5, smpn 1 dan sman 1, terakhir aku meninggalkan kota ini th 86. kpd teman2 yang tamat di sman 1 ipa 86 bisa kita saling kontak.

  29. Baehax berkata:

    Kuala tungkal,,
    qw skrng msh dtngkal! Seumur hdup qw ampei 19th qw msh dtngkal. Dsni qw mnjlni hdup yg kdng susah untk qw lalui. Dsni jg qw mmpunyai sgudang knngn,,
    tngkal mmng sulit untk dlupakn! Prnh qw mncba untk mncri nfkah dBTM n Tj.Pinang, pi mmng susah untk djlni. Jauh lbh asyik dkmpung sndri,,
    Bgi tmn2 yg mau ktngkl, qw siap untk mnemani kllng tngkal. Mncicipi aneka seefood asli kota bersama ini..

  30. Mas ofar berkata:

    Gak ada enaknya di tungkal, jalan2 pada bolong n musimg kemarau jalannya kering berdebu banget kalo musim hujan kayak bubur berantakan bikin pusing, aku tinggal di tungkal dari tahun 1996 sampai sekarang, tempat rekreasinya gak ada yang enak coz dimana2 ada glodok ma tumpukan lumpur.

  31. Muahammad syauqi berkata:

    weee.. main ke tungkal ni ye(dlm logat melayu tungkal)

  32. Muahammad syauqi berkata:

    weee.. main ke tungkal ni ye(dlm logat melayu tungkal). 1 comment buat ikan aneh yg suka nongol dari lumpur klik aja klo mo liatnya http://i41.tinypic.com/245aph1.jpg. hahahaha… semasa kecil aq suka berburu ikan itu oake ketapel. have fun.

  33. Dedy berkata:

    Saya lahir di kota kuala tungkal 18 tahun lalu, tepatnya di jalan ketapang kelurahan tungkal harapan tanggal 12-8-1991, sejak berumur 4 tahun saya sudah dibawa oleh orang tua pindah ke ibu kota propinsi jambi, saat ini saya kuliah di STIKOM DINAMIKA BANGSA JAMBI, jujur walaupun saya hanya sekali-sekali berkunjung kekota kelahiran pada waktu hari lebaran karena keluarga orang tua masih banyak disana, saya sangat terkesan sekali, saya hanya bisa berharap semoga kota kelahiran saya ini akan terus berkembang dan maju tidak ketinggalan dengan daerah lainnya.

  34. sams berkata:

    yang pasti aku ga pernah lupa tanah kelahiranku walaupun sekarang aku jauh dari kota mungil itu. ikan cepakul, ketam dan udang getak jadi mainanku pada saat masih kecil,..pokoknye I love U Full Tungkal…

  35. Effiyaldi berkata:

    Sy lahir di Kuala Tungkal tahun 1967 silam. Sy alumni SD HMI yg di belakang mesjid Agung (mesjid ini dulunya dari kayu), SMPnya SMP n 2, SMAnya SMA Negeri (skeg SMA N 1). Sy jg sempat sekolah di Madrasah Irsyadunas yg di jl Andalas. Waktu itu rumah dinas Bupati yg di Jalan Sriwijaya saat ini adalah Rumah Sakit, Taman yg di jln Sriwijaya skrg adalah Taman Makam Pahlawan, terminal mobil yg di sebelah BNI skrg dulunya Gedung Nasional, jl Asia skrg dulunya terbuat dari kayu dan banyak lagi yg sekrg sdh berubah……. Dulu setiap tahun sering terjadi kebakaran besar sampai menghanguskan ribuan rumah karn belum ada unit pemadam kebakaran…. Teman lama sy waktu itu antara lain; Noan, Hambali, Edi Uai, Jamal, Udin dll. Pada kemana ya mereka skrg…? Saat ini sy berprofesi sgb Dosen di STIKOM Dinamika Bangsa. sepertinya di forum ini ada jg mhs sy yg berasal dari Kuala Tungkal ya…?

  36. Effiyaldi berkata:

    Kini, Kuala Tungkal sdh jauh berubah maju…. Tentunya kita berharap kota Kuala Tungkal akan teruuuus maju sehingga setara dengan kota-kota lain di Indonesia….. Namun, jg tentunya kita berharap; pejabat-pejabat dan mereka yg punya wewenang untuk menyusun kebijakan pembangunan kota Kuala Tungkal harus ” amanah ” dan jangan melakukan tindakan “korupsi”, jangan mengangkat pejabat dan PNS berdasarkan kedekatan emosional (keluarga). Kedepankan prinsip kompetensi keilmuan sesuai jobnya….

  37. Agung S berkata:

    slma 1 bln ni ak lg tugas patroli d perairan kuala tungkal. :)

  38. Muhammad jafar berkata:

    Tungkal q tercinta.
    Kota bersama,meski sprt kota mati tp paling aman,g’ tau dgn perang,g’ tau dgn tauran,g’ tau dgn macet,g’ tau dgn gempa,g’ tau yg ngeri2 dh?maju terus kualatungkal.go…freedom.kini kota itu tlah meningkatkan penghasilannya

  39. iswaahyuudie88 berkata:

    kuala tungkal i love u full

  40. edward berkata:

    I Like It Thoengkhal city

  41. corey berkata:

    bner tuh panas bangged disana….
    aku pernah ksna jg loh….

  42. Medy mosay berkata:

    Sye asli anax kuala tungkal.
    Bgi anax2 tungkl yg bace.
    Budaye kan lh BERBICe DENGN AKhiran hruf ((E))
    dgn stiap anak tungkal d mne pun kmu ktemu.
    Tungkal bgi sye adalh kota yg sangat indh.
    Sbgai anak club mt0r tungkal yaitu M0SAY
    (m0t0r santay)
    saye berhrap kte smue bse menjge nme baek tungkal.
    & taat berlalulintas & sllu menerapkn SEPTIRIDDING Dlm berkendraan berm0t0r. C0z biak tx d tangkap pakp0l.
    Hehehe

    Kpade smue anax2 mude tungkal jdlh pel0p0r kader pembangunn untx tungkal.
    Spye tungkal bs jd k0ta yg pye name yg baek d ind0nesia.

    Jgn penh bikin mlu nme tungkal dgn kelakuan2 yg d luar n0rma.

    I LOVE U FULL “t0engkal city”

  43. syafrawi dekgam berkata:

    Assalamualaikum semua nya… bravo tungkal kota kecil nan indah saya sebenar nya pendatang dari aceh yang pernah menetap di kota ini,saya betah di kota ini,masyarakat nya ramah,mengetahui lebih jauh tentang saya kirim kan email anda ke alamat email: syafrawimurthala@yahoo.co.id trim’s

  44. MsjBpJ berkata:

    Assalam Saya dari Kuala Lumpur
    Teruja pabila mendengar berita Tungkal.. kerana keluarga Almarhum Bapa Saya berasal dari sini.. hanya dia saurang madam ka Malaysia( Batu Pahat) mengikut Datuknya.. kabarnya keluarganya berada di Sungai Serindit.. saya ngak tahu lokasinya dimana.. sesiapa yang bisa mewmberi khabar atawa berasal dari sana Sg Serinddit hubungi Saya.. bolih kenalan..
    Walaupun tidak kutahu Tungkal ia tetap dihati ku…

  45. VISIT TUNGKAL 2010 berkata:

    Sebenarnya banyak yang bisa kita jelajahi dari kota yang terkenal dengan kota yang berbilang kaum ini (Ada jawa, bugis, banjar, melayu, batak dsb tetap bersatu walau berbeda). Kulinernya nomor satu dech…ada wadai banjar, soto banjar, ikan bakar puja sera di samping gedung runtuh 24 jam tuh. Belum lagi eksotika kota yang tidak pernah mati (24 jam rame), bayangin aja jam 1 malam aja terasa bagai jam 8 sore……Trus wisata belanjanya (orang jakarta aja beli barang bekas di sini trus dijual lagi deh di tanah abang)….trus TPI Parit V keren tuch apalagi kalo “sunset”.
    Saran aq sehhh kalo ke tungkal pas taon (pesta kembang api) baru ato hari besar islam seperti idul fitri atau idul adha karena ada parade yang megah biasa disebut takbiran. Acara ini satu-satunya hanya ada di Tungkal dari kurang lebih 200 kota di sumatera.
    So…tunggu apa lagi segera beli tiket dan pesan hotel agar bisa nikmati kota eksotik ini.
    Welcome to “Flower of the sea, Tungkal Mahligai City”
    “Visit Tungkal 2010″

  46. Rianty berkata:

    Tungkal dak seindah yang kau dengr sedare, tungkal tu adek kandung no 2 dari kota texas. Hukum lah macam film india disini.. Pernah dengar penangkapan gula ilegal ? Coba kau kesini semua barang dari x luar negeri bise di bongkar lwt pelabuahn yang dak tentu statusnye… Malah ade yang bongkar ban dari luar negeri disini.. “Hebat dak” sementara hanya 4 pelabuahan yang blh bongkar muat di indonesia ” pasti, tungkal dak msk itungan”
    Bangunan tidak kalah hebat sedare, meski tanahnye rawa, bangunan pada bertingkat2… Tapi dak untuk manusie melainkan untuk burung termahal di kota bersame ni ” walet” menurut hasil survy 30% dari 100% bangunan burung mahal ini di bagun taanpa izin atau memanipulasi izin “IMB” biasa kan peraturan di buat untuk di. “…..” Hehehehehe
    blm lagi mslh pembangunan yang pake dana APBD pengadaan alat berat oleh DPU. Salah satunye ” jgn ditanye dmn alatnye, bangkainyepun dak ade”. Pembangunan infrastrukturnye? Hmmm… ” Coba masuk tungkal sedare nanti ketemu jln 2 jalur, tu jalan udh 3 tahun truzz di bangun dg biaya sekian miliar.. Tengok dewek la ,dak ?” Ape lagi ? Khasus korupsi yang lagi marak di indonesia. “Tungkal dak kalah pamor sedare” kemaren khasus PLTG yang bapak- bapak DPRD melaporkan bupati ke KPK ? Sia-sia klu akhirnye KEJATI juge yang nangani, Hmmm…. aneh dak klu yang di laporkan malah tak pernah di panggil jd saksi, ape lagi tersangka. Bravo!!!
    Belum pelabuahan roro yang terbengkalai, yang wacananya mau di jadikan pelabuahan bebas “international” sssssttttt tungkal lah punye pelabuhan international , heheheh…. Cuma pada terpengaruh film india so terbawa2 dech.. Lihat ex pelabuahan di jalan harapan ujung tiap 2 kali dalam 1 bln ade bongkar barang luar negeri, jgn di tanya yang di pembengis sedare !!!
    Pokoknye tau same tau “TST” je lah ….
    Penasaran, kesini sedare biar dak beburuk sangke… Tapi jgn ikut berjama’ah, minimal bantu pribumi yang mulai putus harapan… Bkn sok idealis tapi klu dak kite2 ni siape lagi yang mau peduli dengan tanah tumpah darah kite ni.. Tungkal bth kite dan kite butuh tungkal. Sebab kite anak tungkal.. Bantu bejuang sedare…! Hidup tungkal kite.

  47. wewed berkata:

    Sering banjir karena kena air pasang

    *yang nulis lagi di K Tungkal

  48. KAMAL berkata:

    Saya teringin i mau ke tungkal…jumpe sanak saudara yang masih ada disana…kos mobil dari Jambi ke kuala tungkal brapa ya…saya dari Malaysia.

  49. lala berkata:

    aku dlahirkan dikota kuala tungkal,walaupun orang tuaku asli makasar.
    kota kecil yang sederhana..!
    walaupun sederhana tp banyak ke istimewaan dari kota ini.
    ada satu ke istimewaan yang tidak ada di kota lain yaitu tradisi arak-arakan sahur yang di adakan pada saat bulan RAMADHAN begitu meriah sehingga semua kalangan masyarakt antusias menontonnya.
    coba aja datang ke kota yang begitu unik ini untuk bisa menambah satu koleksi kenangan di hati anda

  50. Iten berkata:

    Asslmlkm…
    sya Asli org Kuala Tungkal
    biar lbh asyiikk sya pkai bhs tungkal aja ya:
    hehehe…Tungkal memang kota terindah bagi aku
    disitu tempat aku dibesakan,hahaha…
    betul nian lah tu jok…kite harus balik ke tungkal dan melanjutkan pembangunan kampung kite…
    nb.budak2 tungkal tu baik2 pulak…hahaha

  51. ipeb berkata:

    tungkal asik euy…..
    apalagi klo bulan puasa gene….
    sedih rasenye nak ninggalkan tungkal……
    aq je tahan bela2in balek,yg penting bise ikut arakan sahur………
    buat anak2 tungkal dimana pun kalian berada,ttp kompak selalu….
    pISSSSSSSSSSSSSSSSSSSS

  52. ipeb berkata:

    bu’ ryanti : betul tuh bu’….
    TST je…..
    ngomong2 TUNGKAL SAMUDRA ke mnae ye bu’…..
    dingin2 juge kaya’nya….
    wkwkwkwkwk

  53. fuji berkata:

    heeee aq fuji asal kota jmbi yg lg kul di unsri…mb irna::””aq mw tanya deh ttg ikan itu,,dulu pernah liat wkt masih kecill,, skr aq tertarik mw buat penelitian ttg itu…mhn bantuannya

  54. orang indonesia berkata:

    iya memang tungkal bikin kangen.
    tapi dibalik semua yang indah2 diatas. ada masalah yang dari dulu tidak selesai di kuala tungkal, bahkan semakin meningkat seiring berjalannya waktu. diantaranya 3 hal paling utama: 1. Listrik 2. Air bersih. 3. Korupsi yang tambah merajalela.

    Semoga dengan semakin banyaknya pemuda kuala tungkal yang menuntut ilmu di rantau, semakin banyak jg yang tambah kritis melihat situasi ini.
    bukannya malah nambah koruptor nantinya.
    trims, salam buat mbak irna..

  55. Fendi Ghozali berkata:

    yah begitulah tungkal

  56. WIEK berkata:

    YANG nm nya korupsi mah bukan d tungkal aja kaleee… di seluruh indonesia,,indosnesia ni yg di bnggain nye y korupsi tu lah dag de yg laen,,,
    balik ketungkal,, tungkal emang bagus bget..bkin kngen,,, kota kecil yg damai,, ga sumpek,, panas tp ga berpolusi udara,, dag macem kota kota besak,,, mudah2 an jadi tinggal di tungkal.. :p

  57. Muslim berkata:

    RIANTY: Sok moralis,biasenye maling teriak maling karena dak dapat kesempatan……!!! wow,masih banyak ye hambe tuhan yang kayak gini. sok suci alias pengen suci caknye tu. wkwkwkwkwkw….
    masalah barang SECOND,ingat berapa banyak tenaga kerja yang dapat diserap dalam hal ini. RIANTY sok jadi nabi tapi tak beri SOLUSI. wassalam

  58. Jimmy Sugiharto berkata:

    Saya pernah bertugas dikota Kuala Tungkal dari th.1974 – 1981 sebagai Branch Manager PT.Heeching Timber Industry. Pada waktu itu Kota Kuala Tungkal sangat terisolasi belum ada jalan darat kemanapun jadi kalau mau keluar kota yah satu satunya alat transportasi liwat air. ke Jambi naik speed boat 6 jam atau ada satu2 nya kapal Ferry “MERBAU” berangkat j. 15.00 sampai di Jambi j.8.00 keesokan harinya, dgn menyusuri sungai Batanghari. Saya sangat setuju dgn istilah Kota Texas bagi mereka khususnya pendatang yang bernyali kecil tidak akan tahan hidup / berusaha di kota ini. Pada zaman itu Aparat polres, kodim, bea cukai dgn membawa senjata dipinggang seperti difilm cowboy memenuhi warung warung kopi (cafe?) pada jam dinas. Jika ada pendatang baru jangan coba2 bersinggungan mata pasti ada akibatnya. Tapi banyak pula pejabat yg pernah bertugas di Kuala Tungkal mencapai kedudukan tinggi ada beberapa Polisi mencapai jabatan Kapolda jendral berbintang dua, dari Kejaksaan menjadi Wakati DKI dan kemudian menjabat Kapuslatdik se Indonesia (Setingkat Dan Seskoad) dari Pengadilan ada yang menjadi Kepala Pengadilan Tinggi Sebagai ukuran orang kaya atau miskin cukup kita melihat persediaan air hujan yang ditampung didrum besar karena memang pada waktu itu kebutuhan air tawar hanya dari menampung air hujan sehingga pada waktu musim kemarau air hujan layaknya lebih berharga daripada emas. Kota Kuala Tungkal sudah 3 kali ludes dimakan si jago merah karena memang hampir semua rumah dan jalan jalan terbuat dari kayu. Tapi untuk saya kota Kuala Tungkal dgn penduduknya merupakan kota legenda dengan kenangan yang sukar dilupakan

  59. rahmat berkata:

    di perbanyak lagi tentang kuala tungkal, kalo bisa sampai desa desa pinggiran, seperti pampang

  60. Mrtono berkata:

    hai,,,,,,,,,, guys, salam semuany.
    saya jg bru pulang ni dr rantauan, setelah sekian lama meningglknkota tercnta (kuala tungkal), akhrnya kabali lg kekmpung halaman and rencana menetap and tidak akn saya tinggalkn lg kota kelahiran saya,

    hai,,,,,,,,,,, guys semuany, da yg ingin saya sampaikn, klo ada yg minat kerja sama untk usaha walet, saya bersedia menyediakn lokasi dn tempat untuk membangun sarang burung walet,
    klo ada yg mainat, hb: 085266457708, emai mar.tono60@yahoo.com, mks

  61. Fendi Tungkal berkata:

    lengkapi lah lah tentang tungka ne

  62. Abdullah berkata:

    aslm kum….tlg kpd yg bersangkutan,terangilah Desa kami yg masih gelap gulita,bagilah kami air bersih, …..keluhan anak desa tertingal . ngomong soal Tungkal, ya tiada duanya .hanya satu Tungkal

  63. Derist berkata:

    Sebenernya enak maen ke Tungkal kalo saja Jalan dari Jambi – Tungkal gak seperti kubangan kebo….Tapi kalo untuk menginap rasa-rasanya enggak deh….terutama masalah kebersihan kota…Bukan untuk menghina K. Tungkal tapi untuk ngingetin aparat pemda untuk membenahi lagi infrastruktur yang buruk di K. Tungkal. Btw…. Biaya trip pake mobil travel dari Jambi ke Tungkal Rp. 50.000/5$ + Bonus Delayed (always)

  64. isnainimovic berkata:

    tungkal tu asek , , ,
    tenang , , ,
    indah , , ,

    cuman siko’ uman yg ta’ enak , , ,
    lampu mati terozzzzz , , ,
    pln ni banyak crite , , ,
    pdahal enak di tungkal ne cuman tu l , mati trozz lampu ne , , ,

  65. rudi berkata:

    btol l kte isnaini tu . . .
    emank enk tungkal , ta’ de nglai enk ne , , ,
    aq dau mau pindah dari tungkal , , ,

    ” TUNGKAL I LOVE YOU “

  66. Amin 067 berkata:

    Wawww…tulisannya mbak irna ini cukup mantap juga…..sepertinya ad beberapa orang yang ku kenal di comment ini. Salam ye buat yang kenal..hahahaha…

    Rianty: Betul memang kayak gitu Tungkal…tapi makin banyak orang baiek yang tau n datang kesana, moga2 Tungkal makin baek jg…

    Jimmy Sugiharto: Wahhh….macamny PT yang dimaksud udah tak beroperasi pak..tapi entah lah, soalny zaman itu Santa Ve jg masih beroperasi kan?sekarang Santa Ve sudah di ganti sama PetroChina pak..

    By The Way: Bapakku jg cerita macam gitu pak..ke Jambi naek speed boad..terus ke tungkal bisa ny cuma ditempuh pake moda transportasi aer

    All : Datang be lah ke Tungkal kalo nak nengok asli ny…..Banyak sarang walet, banyak cempakul di pantai, banyak nyamuk jg..banyak kerang di pasar ikan…jangan lupe nyicipin siput serai y…Note: Aer untuk mandi agak susah, terus listrik sering mati. Bensin jg agak mahal n kadang di campur….tapi itu dulu, dak tau sekarang..

    Tahun 2010 aku balek ke Tungkal pake Vespa…biarpun jalanny masih buruk rupa…tapi senang betul menginjakkan kaki di tanah air tu….Anak muda ny sudah banyak yg dak kenal..tapi kawan lama masih la…

    tahun 2011 gantian Rudi hartono yang balek pake motor pitung..tahun 2012 nnti entah siapa lagi yg dari jogja pake motor

    Tahun 2011 tu aku ke Sumbawa pake sepeda, jd dak bisa balek k Tungkal…rindu lah same kampung halaman “Sepucuk Nipah serumpun nibung” tu….

    Promosi:
    Kalo nak bace cerite perjalanan pake vespa k tungkal n pake sepeda k sumbawa tu…contact be email ni : Bluesky070067@gmail.com

    Salam dari Kawan-kawan di Yogyakarta…..
    IKAPEMTA —> We Stand As One

  67. Andi hasbullah berkata:

    Aku jg pernah kekuala tungkal,malah aku sempat tinggal dsana.kuala tungkal mmg punya kenangan tersendiri buat kita yg pernah kesana.

  68. Amin 067 berkata:

    entah kebetulan atau ga..ternyata setelah ku cek hari ini..komentarku diatas nomer 67 #ga penting#

  69. Andre pangeran berkata:

    Saya br kali ini ke tungkal,alhamdulillah ,mkch banget atas infonya….

  70. Sam berkata:

    Slm..sy cuman mau ty’ nie..ada ng’ ya penginapan murah seperti losmen atau wisma di kuala tungkal..? soaly sy berencana ke sini dlm waktu dekat nie..thank ya klau ada infoy

  71. freebackpacking berkata:

    ada kok…hotel d tungkal banyak yang kelas melati..ga terlalu mahal
    terus sekarang juga udah banya kos-kosan disana..kalo mau nginap agak lama

    sampe disana, tanya aja sama penduduk….hotelnya mudah d jangkau kok

  72. AJIR berkata:

    wah wah salam kenal semueny kawan”, ayuk” jg abang” yg ad dsni :)

    wih pd ngbahas tungkal ye, krn lahir, sekolah, jg besar dtungkal
    hmmm ap ye? tungkal nih yang jelas daerah yg multi etnis lah menurut aku, banayk suku ad dsini, beragam jg rukunlah pendudukny.
    jg satu moment paling dnanti tu “LOMBA PAWAI TAKBIRAN” nah ini harus masuk unesco aturanny :D
    hehe sbb perasaan dulu dx banyak daerah yg ad lomba pawai takbirany, klo pawai takbiran keliling kota sih biaselah ky daerah” lain tu, nah klo kite kan mank dr Zaman Dahoeloe nian sdh ad dlombakan dr zaman mesjid cm 5 setungkalan nih, ya klo ddaerah lain ad yg lomba pawai takbiran jg itu paling baru” inilah. cm kite yg memperlombakan ini dr dulu.

    Nah yang pd merantau pasti rindukan dengan
    “LOMBA PAWAI TAKBIRAN”

    klo nanggapin serius soal tungkal mungkin mmang ad sdikit kekurangan utk bbrp hal ky pembangunan, wahana wisata & rekreasi, jg yg lain, yaa mungkin ini akn terus berubah jg brkembanglah seiring zaman.. tp trgantung penduduk jg pemerintah sih yg harus betul” serius tntang ini, sbb daerah kite ni udh sdikit tertinggal dr daerah brkembang lain. maklum mungkin krn letak kite yg dx strategis ye?
    yg agax jauh dr kota, jg plaing pokokny blum banyak SDM yg brkualitas jg loyal utk pembangunan, hmmm sbenarny ad banyak sih penduduk tungkal yg menuntut ilmu dluar dr tungkal atw kluar sumatera nih, bhkn kadang ad yg dapet kerja dsna. nah ini yg kdang bkin tungkal susah maju, yg udh berilmu dan berpengalaman klo udh awet, enak, kerja jg sukses atw istilah tungkal “sudah lapanglah” dtanah org, eh banyak yg tinggal & menetap dsana :(
    yaa jdlah bibit” prestasi tungkal jd tumbuh dtanah org :(

    klo pesan aku sih, abang” jg ayuk yg kuliah, cari ilmu, kerja jg merantau dtanah orang, klo kr” udh bs balek…(ketungkal) baliklah oy :( membangun tungkal :( kite kan jg mw maju dgn pesat ky daerah” berkembang lainny :(

    hehehe sdh ah bersedihny (MALU) :D

    tp Overall Kuala Tungkal is the bestlah dhati aku, seenak-enakny hidup dkota orang lebih enaklah kampung halaman kite nih :)

  73. denny akbar berkata:

    cpe blang ‘KUALATUNGKAL ‘tuch jlek aq bhe lhir d sne dan msih tnggal dsne ,aq tnggal d lrg obat nyamuk …
    bkan mcam kab jambi yg lain nye dusun jalan hncur nian
    mlam thun bru ne k TUNGKAL dg smue ny kte makan ikan,kerang dll…

  74. denny akbar berkata:

    lw aq bndingkn tungkalam kab jmbi yg lain ny tunkal lach pling bgus
    28 november 1995

  75. LIN berkata:

    KUALA TUNGKAL TERCINTA MASA KECIL YANG INDAH YANG TAK MUNGKIN DILUPAKAN…. ADUH KANGEN BGT SAMA SD ku dulu SD NASIONAL YANG BUAT KU PINTER BERBAHASA CINA….kerukunan etnis yang sangat indah telah terjalin dari dulu di kota itu………..

    ..

  76. abu aisyah berkata:

    Kemanapun kita melanglangbuana tempat awal kita dibesarkan yang akan jadi inspirasi pertama, Kuala Tungkal…
    Jadilah diri sendiri

  77. mustafa berkata:

    aku sangat rindu dengan kampung halaman ku…sudah 6 tahun kutinggalkan…ilove kuala tungkal…(must …di johor bahru malaysia)

  78. tonny berkata:

    assalamualaykum…
    teman2 , ini baru pertama kali aku menginjakan kaki dan bermukim dijambi…kerana promosi pekerjaan yg mengharuskanku berpindah dan menjemput rejeki dikota jambi,,,aku dari banjar kalimantan selatan…,aku baru tahu saat asyik browsing di google bhw di K.Tungkal
    ternyata sebuah kota yg multi etnis dan damai juga sejahtera..penduduknya ramah-tamah….jika ada waktu aku akan berwisata ke K.Tungkal ,,,sekaligus mencari sesama pengais rejeki yg asli dari banjarmasin…uyyy bubuhan banjar dimapa habar sampian barataan ???
    sekarang aku masih di jambi , menetap disini …entah berapa lama ….
    aku merasa betah tinggal dan bekerja di Prop.jambi sini………

  79. Msj berkata:

    Mustafa- Kamu di Johor dimana, Tungkal asalnya Ayah ku… Sg Serindit

    Tonny- Slamat bgawe di tampat nang baru… Ulun di Malaysia wagas haja…. wassalam

  80. panter akmal berkata:

    kuala tungkal itu sering dibilang bernama kuala tungkal tungkal itu mempunyai bayak hal,yaitu bermain keadaan sehat walakiaf kopetensi juara yaiyu kuala tungkal yang memenangi lomba sirkus,yaitu lari,berenang, selamat membaca.

  81. Dela berkata:

    Ak kelahiran kuala tungkal . . . ortu ak ad d tungkal . . Skrg ak masi study di UNIVERSITAS JAMBI , , , Ak kangeeennnn bgeettt dg suasana bulan puasa ny n mlam arakn sahur ny . . Bagi yg blum pernah k tungkal . . . Ayo ktungkal. . . Biar tw sendiri gmna sich keadaan “KOTA BERSAMA” Ini . . .

  82. Mummy berkata:

    Saya karyawan PLTU 2x7MW yang akan didinaskan dikuala tungkal dalam waktu dekat ini.. Tadinya saya ragu untuk berangkat kesana, tetapi setelah membaca blog ini membuat saya merasa lega, dari komen kawan-kawan saya merasakan indahnya kuala tungkal. Setelah disana perusahaan tersebut akan membutuhkan staft administrasi dll. Semoga lancar segalanya setelah saya sampai disana yah..

  83. dickie berkata:

    aku lahir d jambi tapi saya besar d tngkal sampai saya selesai SMP, di tungkal itu orangnya asik2 bila d ajak berteman mereka dapat menerima kelebnihan dan kekurangan kita, sangat banyak sekali kenang2ngan yang saya tinggalkan d kuala tungkal ….
    tapi ad beberapaha yang saya prihattin yaitu:
    1.jalan menuju ke sana
    2.korupsi
    3. listrik
    4. air bersih

  84. IKOELL berkata:

    Belum genap sebulan di Kuala Tungkal, saya sudah merasakan kenyamanan di Kota kecil ini. Meski kota kecil yang menyimpan banyak keunikan,,
    kekerabatan yang erat,, budhak -budhak kecil yang senang bermain dengan polosnya,
    rumah panggung,, dengan hunian di tepi laut menambah ke eksotikan Kota ini, Saya pernah tinggal di dekat pelabuhan,, jalan nya masih dengan kayu papan,, sangat eksotik..
    Satu lagi yang berkesan adalah sekawanan Kera yang masih banyak bermigrasi dari Hutan hampir di setiap sore atau petang menambah ketertarikan saya akan Kota ini,
    semoga suatu saat nanti saya bisa kembali menikmati Kota yang Eksotic ini,

  85. chaeyriyyah berkata:

    hehehe, kapan ya jalan lintas jambi kuala tungkal mulus??

    kapan kapan dech

  86. Erry C Minnor berkata:

    kuala tungkal i love you forever…

  87. Nanoe berkata:

    lo bicara tungkal inget mak nyak yg biasa kasih bon di warungx…he..bnyak kenangan wlau 8 bln di sna..pantaix..kmpong kbon syur..parit 6 yg bnyak brang bkasx tpi lumyan.. tpi jgn sekli2 ke kmpung Agas y bnyak singa di sna…he

  88. adhokxx berkata:

    Kuala tungkal rumah kita semua…
    Semua nya ada di sini………..

  89. Ones berkata:

    Ada yg dari negara tetangga nak melancong ke tungkal n jambi ?
    jambi punya bnyak 0byek wisata, diantaranya danau kerinci, danau gunung tujuh, taman nasional bukit tiga puluh, taman nasional kerinci seblat, candi muaro jambi, n gerbang jambi yakni kota kedamaian kuala tungkal.

    penataan k0ta ini memang tak sebanding dg k0ta2 m0dern di seberang sana, tapi kami membangun kearah sana,

    jaminan keramahtamahan orang2 tungkal, membuat semua pengunjung bak raja yg disegani dan dilayani,
    kuala tungkal bersahabat dg semua pendatang, etnis apapun itu,

    kE kota jambi (ibukota provinsi) dapat ditempuh dg kendaraan umum selama 2 jam dg biaya ekonomi Rp 50.000 atau skitar US $ 5.5

    ke batam dg biaya Rp 260.000 atau US $ 28.8 Jarak tempuh 6 jam menumpangi marina atau marindo menuju pelabuhan sekupang batam (sebelah pelabuahan sekupang internasional)

    situlang laut johor bahru menuju pelabuhan internasional batam senter, 2 JAM, VIA FERRY RM 70 sktr Rp 200.000

    kunjungi jambi, agar hidup lebih berarti,

  90. enggo delsi samsul maarif berkata:

    sy pun pernah tinggal d tungkal walau tidak lama tp bnyk sekali kenangan d sana,ingin sekali menghubungi teman2 lama ku d tungkal tp ga tau harus bgmn…rindu sekali akan tungkal,skrg sy tnggl dbdg..i love tungkal

  91. Beny Ramadhan berkata:

    I LIKE KUALATUNGKAL,,, ayo coba Seafood apalagi UDANG KETAK nya enaaaaaaak……..aaakkk buanget.

  92. Dharmawan, berkata:

    sbetulnya kota ini punya banyak potensi SDM, itu akan terbukti kelak, karna putra-putri disini kbanyakan trlahir dari lintas suku/etnis, (bisa di analisa scara genetika dampaknya),, kmudian masalah korupsi bukan di tungkal aja cuy,, msalah krisis air bersih/sering kena air pasang Rob/tekstur tanah itu kondisi alam,, kalo mau air bersih ya hrus transfer dari Ulu. krisis listrik smoga thun depan sdah ada jawabanyan..!!! destinasi wisata segera hadir.. terus maju My Toengkal.

  93. sy kemal berkata:

    Kuala Tungkal memang nyaman bgt, udaranya segar gak bising,,, tradisi acara islam sgt kental bgt, ak dulu pernah tinggal di kuala tungkal lama….tapi sayang kami hrs plg kampung….
    kapan ya bs maen ke kuala tungkal lagi….

  94. nopan berkata:

    fotonya kurang banyak nih. tapi baca deskripsinya jadi pengen kesini

  95. anonim berkata:

    hiduuuupppppp kuala tungkal

  96. lsppb dpd tanjab barat berkata:

    mari bersama-sama kita bangun kuala tungkal, dengan segala kemampuan yang masing-masing kita miliki….

  97. wesker berkata:

    tungkal kota para ngelem,pemabuk,dan sebagainya__

  98. Dharmawan, berkata:

    @wesker,, kalo ada kota yg bebas para ngelem, pemabuk dan sebagainya tolong kasih tau dmana cuy,, ???
    kalo mau debat sama ane payo.. ayuha’

  99. gilang berkata:

    saya dari palembang ke pelabuhan tungkal brapa lama mbak? Trus dari pel. Tungkal ke sekupang brpa lama mbak? Trus biaya bawa motor dari pel.tungkal ke sekupang brapa ya mbak? Tolong di jawb mbak. Trims

  100. Irna berkata:

    kalau dari palembang menuju tungkal kira-kira sekitar 8-11 jam. Kalau dari pelabuhan tungkal ke sekupang dan biaya kesana, mungkin ada teman-teman yang bisa memberi informasi? terima kasih

  101. Pungky Sudrajat berkata:

    Belum ada sebulan berada di kota ini, masih mencari-cari spot yang menarik terutama untuk fotografi, ada yang tau? terima kasih

  102. bayu berkata:

    ada pantun ni buat kota kuala tungkal
    Kuala trungkal Kota beradat
    banyak umang-umang naik kedarat..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s